Sabtu, 09 Agustus 2014

PETUNJUK PELAKSANAAN



PETUNJUK PELAKSANAAN
(JUKLAK)

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)






Oleh:
Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)


Universitas Tribhuwana Tunggadewi
Malang
2013
LEMBAR PENGESAHAN


Petunjuk PeLaksanaan (JUKLAK) HMJ ini disahkan pada
tanggal 13 Januari 2013


  Direktur                                          Dewan Perwakilan Mahasiswa
       Akademik danKemahasiswaan                                               Ketua,


Ir. Aldon Sinaga, MMA                                           Abu Sani


Mengetahui
Rektor Universitas Tribhuwana Tunggadewi


Prof. Dr. Ir. Wani Hadi Utomo










1.    LATAR BELAKANG DIKLAT HMJ
Berkaca dari sejarah tanpa diikuti suatu langkah yang signifikan, hanyalah akan menjadi nostalgia sejarah tanpa ada makna yang berarti. Berangkat dari hal inilah maka sudah waktunya untuk melakukan evaluasi perjalanan organisasi dari berbagai sisi termasuk aktivitas dan kegiatan yang dilaksanakan serta memformulasi langkah gerak regenerasi yang konprehensif sesuai dengan kondisi objektif dewasa ini sehingga di hari mendatang menyandang titel manusia besar di hari kemaren dan kerdil di hari ini.
Degradasi kualitas individu akhir-akhir ini merupakan aksioma di hadapan kita bahwa regenerasi selama ini banyak yang harus dikonstruksi, baik keintelektualan maupun kualitas lain seperti kekritisan dalama berfikir yang merupakan perangkat pasti yang harus dimiliki seorang mahasiswa dalam melihat kondisi hari ini.
Sebagai salah satu upaya Universitas untuk terus mengasah keintelektualan dan kekritisan mahasiswa serta pengenalan dan penanaman pengetahuan tentang keprofesian adalah melakukan pendidikan dan pelatihan yang dinterpretasikan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dari masing-masing jurusan dengan konsep dan teknis pelaksanaan yang berbeda. Di samping itu, pendidikan dan pelatihan ini juga merupakan proses awal regenerasi dalam organisasi intra kampus yang akan melanjutkan tongkat estavet selanjutnya. Namun hal itu dinilai kurang maksimal dalam mecapai tujuan dan harapan bersama sehingga butuh langkah kongkrit sebagai upaya perbaikan.
Hasil Evaluasi kegiatan Diklat Jurusan periode 2012-2013 oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) yang dipresentasikan pada tanggal 07 Januari 2013     menunjukan ada banyak hal yang harus dievaluasi dan perlu adanya formulasi tindakan perbaikan. Hasil evaluasi tersebut diantaranya adalah:
o  Adanya kekerasan (mental), Peloncoan, Bentak-bentak dan sejenisnya
o  Biaya diklat yang terlalu mahal dan tidak sesuai dengan fasilitas yang diberikan
o  Dosen pendamping yang kurang memantau pelaksanaan kegiatan diklat
o  Kekompakan dan pemerataan pemahaman konsep pelaksanaan diklat yang minim
o  Kurang sinergis antara diklat dengan program studi
o  Kurang materi pengenalan dan pendalaman tentang program studi
o  Kurang disiplin waktu
o  Eksklusivitas panitia dan minim kegiatan yang mendorong keakraban antara peserta dan peserta atau dengan panitia

Sehingga salah satu rekomendasi forum adalah dipandang perlu adanya petunjuk pelaksanaan (JUKLAK) Diklat yang paten untuk mengefektifkan pelaksanaan diklat yang produktif dan sesuai dengan tujuan pelaksanaannya.
Oleh karena itu, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) berupaya untuk terus meningkatkan kualitas dan merealisasikan rekomendasi pembuatan Juklat pelaksanaan diklat yang disesuaikan dengan kebutuhan dan berorientasi terhadap peningkatan kualitas pengenalan peserta pada profesi dan wawasan sesuai program studi masing-masing.

2.    TUJUAN DAN DIKLAT HMJ
Target yang diharapkan pasca kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) ini dapat dilihat dengan indikator sebagai berikut:
o  Peserta dapat mengenal kompetensi dan meningkatkan kualitas keprofesinya sesuai dengan program studi
o  Menumbuhkan dan meningkatkan profesionalisme serta  indoktrinasi pola piker peserta sesuai dengan program studi
o  Peserta mampu menentukan tujuan organisasi dan mengorganisir pencapaiannya
o  Mampu memberikan evaluasi dan tindakan perbaikan

3.    SASARAN
Seluruh mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) pada umumnya dan mahasiswa baru khusunya sesuai dengan program studi masing-masing
GAMBARAN UMUM MATERI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) HIMPUNAN MAHASISWA JURURUSAN (HMJ)
 





























4.    MATERI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
4.1.       Program Studi
Tujuan Pembelajaran Umum dan esensi yang diharapkan dari penyampaian materi program studi ini adalah:
o   Peserta engenal dan memahami struktur dan esensi dari kurikulum di program studi
o   Peserta memahami cara menilai kemampuan diri (kapasitas diri) sebagai dasar memilih kompetensi
4.1.1.   Struktur dan Esensi Kurikulum
·      Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
a.       Pengantar tentang kurikulum program studi
b.      Latar belakang adanya kurikulum dalam setiap program studi
c.       Struktur kurikulum (dalam bentuk paket/semester) program studi
d.      Luaran setiap kurikulu/paket kurikulum
·      KriteriaPemateri
a.    Ketua Program Studi
b.    Dosen Seneor Program Studi
·      Metode
a.    Pemaparan
b.    Diskusi
c.    Tanya jawab
·      Waktu: 90 menit

4.1.2.   Metode Mengukur Kapasitas Pribadi
·      Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
a.    Pengantar tentang kapasitas diri
b.   Cara mengetahui dan mengukur kapisitas diri
c.    Menentukan orientasi kompetensi sesuai dengan kapasitas diri
·      KriteriaPemateri
a.         Dosen Seneor Program Studi
b.        Profesional di bidang mengukur kapasitas diri
·      Metode
a.         Pemaparan
b.        Diskusi
c.         Tanya jawab
·      Waktu: 60 menit



4.2.       Profesi
Tujuan Pembelajaran Umum danesensi yang diharapkan dari penyampaian materi profesi ini adalah:
o   Peserta dapat mengenal kompetensi dan profesinya sesuai dengan program studi
o   Meningkatkan rasa memiliki dan cinta terhadap keprofesiaanya
o   Menumbuhkan dan meningkatkan profesionalisme peserta sesuai dengan program studi

4.2.1.      Sejarah dan Prestasi HMJ dan Program Studi
·      Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
a.    Pengantar Ilmu Sejarah Profesi
b.    Latar Belakang Berdirinya HMJ dan Program Studi
c.    Gagasan dan Visi Pendiri HMJ dan Program Studi
d.   Dinamika Sejarah Perjuangan HMJ dan Program Studi Dalam Konteks Lokal, Regional maupun Nasional
·      KriteriaPemateri
c.    Ketua Program Studi dan Ketua HMJ
d.   Dosen Seneor Program Studi dan Anggota Seneor HMJ
·      Metode
d.   Pemaparan
e.    Diskusi
f.     Tanya jawab
·      Waktu: 60 menit

4.2.2.      Kompetensi Program Studi dan Etika Profesi
·      Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
a.    Pengantar Etika Profesi
b.    Latar Belakang dan Deskripsi Kompetensi dan keprofesian
·      Kriteria Pemateri
a.    Dosen yang aktif atau pernah aktif dalam ikatan keprofesian  dan mahasiswa aktivis ikatan profesi
b.    Alumni aktivis/pengurus ikatan profesi
·      Metode
a.    Pemaparan
b.    Diskusi
c.    Tanya jawab
·      Waktu: 120 menit

4.2.3.      Profesi dan Dunia Kerja
·      Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
a.    Gambaran Dunia kerja dan keprofesian
b.    Orientasi dan peluang kerja
·      Kriteria Pemateri
a.    Alumni yang bekerja pada bidang program studi
b.    Profesional di bidang kerja program studi
·      Metode
a.     Pemaparan
b.     Diskusi
c.     Tanya jawab
·      Waktu: 90 menit

4.3.       Wawasan
Tujuan Pembelajaran Umum dan esensi yang diharapkan dari penyampaian materi wawasan ini adalah:
o   Indoktrinasi pola piker peserta tentang keprofesiannya sesuai dengan program studi

·      Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
a.    Isu-isu penting profesi/Program studi
b.    Analisa isu strategis
c.    Wawasan atau pandangan profesi atas isu yang terjadi
·      Kriteria Pemateri
a.    Penggiat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan aktivis HMJ
b.    Orang yang bekerja sesuai dengan profesi atau bidang program studi dan aktivis HMJ

·      Metode
a.    Pemaparan
b.    Studikasus
c.    Tanya jawab
d.   Diskusi
·      Waktu: 90 menit
4.4.       Kepemimpinan, Manajemen dan Organisasi (KMO)
Tujuan Pembelajaran Umum dan esensi yang diharapkan dari penyampaian materi Kepemimpinan, Manajemen dan Organisasi ini adalah:
o   Peserta mampu menentukan tujuan organisasi
o   Peserta mampu mengorganisir pencapaian tujuan
o   Peserta mampu menjadi pemimpin yang efektif
o   Mampu memberikan evaluasi dan tindakan perbaikan

·      Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
a.    Pengertian, tujuan dan fungsi Kepemimpinan, Manajemen dan Organisasi
b.    Karakteristik dan tipe-tipe Kepemimpinan
c.    Dasar-dasar dan model Manajemen
d.   Bentuk-bentuk dan struktur organisasi
e.    Metode penentuan visi misi organisasi
·      Kriteria Pemateri
a.    Mahasiswa yang bergelut di organisasi yang lebihbesar (DPM, BEM, Himpunan Mahasiswa Regional/Nasional)
b.    Dosen yang spesialis di bidang KMO
·      Metode
a.    Pemaparan
b.    Tanya jawab
c.    Diskusi
d.   Praktek (bisa berbentuk permainan)
·      Waktu: 150 menit



4.5.       Additional Activity (bolehdiadakan bila perlu)
Tujuan Pembelajaran Umum dan esensi yang diharapkan dari additional activity ini adalah:
o   Peserta mampu mengobservasi langsung dinamika atau lapangan aktualisasi dari kompetensi keilmuannya
o   Peserta mampu menganalisa sinergisitas bidang keilmuannya dengan dunia nyata
·        Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
-      Sesuaidengantema yang diusung
·        Kriteria Pemateri
-      Kondisional tergantung institusi yang dikunjungi
·        Metode
a.   Studi banding ke HMJ sejenis/organisasi profesi sejenis
b.   Studi lapang ke dunia kerja
c.   Kunjungan profesi ke organisasi/perusahaan/lembaga se azas
d.  Pemaparan, Tanya jawab, Diskusi, Observasi)
·        Waktu: Kondisional

5.    PELAKSANAAN
·      Motede diserahkan kepada pelaksana (bebas) untuk mendorong kreatifitas mahasiswa
·      Pelaksanaan Diklat berorientasi terhadap kualitas pelaksanaan dan pencapaian tujuan
·      Pelaksanaan Diklat dipandu oleh minimal dua orang Master of Training (MoT) dan (diatur dalam KAK MoT)
·      Pelaksanaan Diklat harus didampingi dosen pendamping (secara inten) minimal satu orang

6.    TEMPAT
·      Pada dasarnya tempat harus produktif dan efisien

7.    TEMA
·      Pada dasarnya tema harus ada, manarik serta sesuai dengan kompetensi yang ditawarkan program studi yang berientasi terhadap keprofesian

8.    EVALUASI
·      Evaluasi dilaksanakan oleh KPS dan Perwakilan DPM, pada:
-       Before (Pradiklat)
-       After (PascaDiklat)
·      Content Evaluasi diarahkan untuk mengukur:
-       Kualitas pelaksanaan
-       Ketercapaian tujuan
·      Obyek Evaluasi adalah:
-       Peserta Diklat










Tidak ada komentar:

Posting Komentar