PETUNJUK PELAKSANAAN
(JUKLAK)
Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)
![](file:///C:\DOCUME~1\arjuna\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.jpg)
Oleh:
Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)
Universitas Tribhuwana Tunggadewi
Malang
2013
LEMBAR PENGESAHAN
Petunjuk
PeLaksanaan (JUKLAK) HMJ ini disahkan pada
tanggal
13 Januari 2013
Direktur Dewan Perwakilan Mahasiswa
Akademik danKemahasiswaan Ketua,
Ir. Aldon Sinaga, MMA Abu Sani
Mengetahui
Rektor
Universitas Tribhuwana Tunggadewi
Prof. Dr. Ir. Wani Hadi
Utomo
1.
LATAR
BELAKANG DIKLAT HMJ
Berkaca dari
sejarah tanpa diikuti suatu langkah yang signifikan, hanyalah akan menjadi
nostalgia sejarah tanpa ada makna yang berarti. Berangkat dari hal inilah maka
sudah waktunya untuk melakukan evaluasi perjalanan organisasi dari berbagai
sisi termasuk aktivitas dan kegiatan yang dilaksanakan serta memformulasi
langkah gerak regenerasi yang konprehensif sesuai dengan kondisi objektif
dewasa ini sehingga di hari mendatang menyandang titel manusia besar di hari
kemaren dan kerdil di hari ini.
Degradasi
kualitas individu akhir-akhir ini merupakan aksioma di hadapan kita bahwa
regenerasi selama ini banyak yang harus dikonstruksi, baik keintelektualan
maupun kualitas lain seperti kekritisan dalama berfikir yang merupakan
perangkat pasti yang harus dimiliki seorang mahasiswa dalam melihat kondisi
hari ini.
Sebagai salah
satu upaya Universitas untuk terus mengasah keintelektualan dan kekritisan
mahasiswa serta pengenalan dan penanaman pengetahuan tentang keprofesian adalah
melakukan pendidikan dan pelatihan yang dinterpretasikan Himpunan Mahasiswa
Jurusan (HMJ) dari masing-masing jurusan dengan konsep dan teknis pelaksanaan
yang berbeda. Di samping itu, pendidikan dan pelatihan ini juga merupakan
proses awal regenerasi dalam organisasi intra kampus yang akan melanjutkan
tongkat estavet selanjutnya. Namun hal itu dinilai kurang maksimal dalam
mecapai tujuan dan harapan bersama sehingga butuh langkah kongkrit sebagai
upaya perbaikan.
Hasil Evaluasi
kegiatan Diklat Jurusan periode 2012-2013 oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)
yang dipresentasikan pada tanggal 07 Januari 2013 menunjukan ada banyak hal yang harus dievaluasi
dan perlu adanya formulasi tindakan perbaikan. Hasil evaluasi tersebut
diantaranya adalah:
o Adanya kekerasan (mental), Peloncoan, Bentak-bentak dan
sejenisnya
o Biaya diklat yang terlalu mahal dan tidak sesuai dengan
fasilitas yang diberikan
o Dosen pendamping yang kurang memantau pelaksanaan
kegiatan diklat
o Kekompakan dan pemerataan pemahaman konsep pelaksanaan
diklat yang minim
o Kurang sinergis antara diklat dengan program studi
o Kurang materi pengenalan dan pendalaman tentang program
studi
o Kurang disiplin waktu
o
Eksklusivitas
panitia dan minim kegiatan yang mendorong keakraban antara peserta dan peserta
atau dengan panitia
Sehingga salah
satu rekomendasi forum adalah dipandang perlu adanya petunjuk pelaksanaan
(JUKLAK) Diklat yang paten untuk mengefektifkan pelaksanaan diklat yang
produktif dan sesuai dengan tujuan pelaksanaannya.
Oleh karena
itu, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) berupaya untuk terus meningkatkan
kualitas dan merealisasikan rekomendasi pembuatan Juklat pelaksanaan diklat
yang disesuaikan dengan kebutuhan dan berorientasi terhadap peningkatan
kualitas pengenalan peserta pada profesi dan wawasan sesuai program studi
masing-masing.
2.
TUJUAN
DAN DIKLAT HMJ
Target yang
diharapkan pasca kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) ini dapat dilihat
dengan indikator sebagai berikut:
o Peserta dapat
mengenal kompetensi dan meningkatkan kualitas keprofesinya sesuai dengan
program studi
o Menumbuhkan
dan meningkatkan profesionalisme serta indoktrinasi
pola piker peserta sesuai dengan program studi
o Peserta mampu
menentukan tujuan organisasi dan mengorganisir pencapaiannya
o Mampu memberikan
evaluasi dan tindakan perbaikan
3.
SASARAN
Seluruh
mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) pada umumnya dan mahasiswa
baru khusunya sesuai dengan program studi masing-masing
GAMBARAN
UMUM MATERI PENDIDIKAN
DAN PELATIHAN (DIKLAT) HIMPUNAN MAHASISWA JURURUSAN (HMJ)
![](file:///C:\DOCUME~1\arjuna\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image003.gif)
4.
MATERI
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
4.1.
Program
Studi
Tujuan Pembelajaran
Umum dan esensi yang diharapkan dari penyampaian materi program studi ini
adalah:
o
Peserta
engenal dan memahami struktur dan esensi dari kurikulum di program studi
o
Peserta
memahami cara menilai kemampuan diri (kapasitas diri) sebagai dasar memilih
kompetensi
4.1.1.
Struktur
dan Esensi Kurikulum
· Pokok
Bahasan/Sub Pokok Bahasan
a. Pengantar
tentang kurikulum program studi
b. Latar
belakang adanya kurikulum dalam setiap program studi
c. Struktur
kurikulum (dalam bentuk paket/semester) program studi
d. Luaran
setiap kurikulu/paket kurikulum
· KriteriaPemateri
a. Ketua
Program Studi
b. Dosen
Seneor Program Studi
· Metode
a. Pemaparan
b. Diskusi
c. Tanya
jawab
· Waktu: 90
menit
4.1.2.
Metode
Mengukur Kapasitas Pribadi
· Pokok
Bahasan/Sub Pokok Bahasan
a. Pengantar
tentang kapasitas diri
b. Cara mengetahui
dan mengukur kapisitas diri
c. Menentukan
orientasi kompetensi sesuai dengan kapasitas diri
· KriteriaPemateri
a.
Dosen Seneor Program Studi
b.
Profesional di bidang
mengukur kapasitas diri
· Metode
a.
Pemaparan
b.
Diskusi
c.
Tanya jawab
· Waktu: 60
menit
4.2.
Profesi
Tujuan Pembelajaran
Umum danesensi yang diharapkan dari penyampaian materi profesi ini adalah:
o Peserta dapat
mengenal kompetensi dan profesinya sesuai dengan program studi
o Meningkatkan
rasa memiliki dan cinta terhadap keprofesiaanya
o Menumbuhkan
dan meningkatkan profesionalisme peserta sesuai dengan program studi
4.2.1.
Sejarah
dan Prestasi HMJ dan Program Studi
· Pokok Bahasan/Sub
Pokok Bahasan
a. Pengantar
Ilmu Sejarah Profesi
b. Latar Belakang
Berdirinya HMJ dan Program Studi
c. Gagasan dan
Visi Pendiri HMJ dan Program Studi
d. Dinamika
Sejarah Perjuangan HMJ dan Program Studi Dalam Konteks Lokal, Regional maupun Nasional
· KriteriaPemateri
c. Ketua
Program Studi dan Ketua HMJ
d. Dosen
Seneor Program Studi dan Anggota Seneor HMJ
· Metode
d. Pemaparan
e. Diskusi
f. Tanya
jawab
· Waktu: 60
menit
4.2.2.
Kompetensi
Program Studi dan Etika Profesi
· Pokok Bahasan/Sub
Pokok Bahasan
a. Pengantar
Etika Profesi
b. Latar
Belakang dan Deskripsi Kompetensi dan keprofesian
· Kriteria
Pemateri
a. Dosen
yang aktif atau pernah aktif dalam ikatan keprofesian dan mahasiswa aktivis ikatan profesi
b. Alumni
aktivis/pengurus ikatan profesi
· Metode
a. Pemaparan
b. Diskusi
c. Tanya
jawab
· Waktu: 120
menit
4.2.3.
Profesi
dan Dunia Kerja
· Pokok Bahasan/Sub
Pokok Bahasan
a. Gambaran
Dunia kerja dan keprofesian
b. Orientasi
dan peluang kerja
· Kriteria
Pemateri
a. Alumni
yang bekerja pada bidang program studi
b. Profesional
di bidang kerja program studi
· Metode
a. Pemaparan
b. Diskusi
c. Tanya
jawab
· Waktu: 90
menit
4.3.
Wawasan
Tujuan Pembelajaran
Umum dan esensi yang diharapkan dari penyampaian materi wawasan ini adalah:
o Indoktrinasi
pola piker peserta tentang keprofesiannya sesuai dengan program studi
· Pokok Bahasan/Sub
Pokok Bahasan
a. Isu-isu
penting profesi/Program studi
b. Analisa
isu strategis
c. Wawasan
atau pandangan profesi atas isu yang
terjadi
· Kriteria
Pemateri
a. Penggiat
Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan aktivis HMJ
b. Orang
yang bekerja sesuai dengan profesi atau bidang program studi dan aktivis HMJ
· Metode
a. Pemaparan
b. Studikasus
c. Tanya
jawab
d. Diskusi
· Waktu: 90
menit
4.4.
Kepemimpinan,
Manajemen dan Organisasi (KMO)
Tujuan Pembelajaran
Umum dan esensi yang diharapkan dari penyampaian materi Kepemimpinan, Manajemen
dan Organisasi ini adalah:
o Peserta mampu
menentukan tujuan organisasi
o Peserta mampu
mengorganisir pencapaian tujuan
o Peserta mampu
menjadi pemimpin yang efektif
o Mampu memberikan
evaluasi dan tindakan perbaikan
· Pokok Bahasan/Sub
Pokok Bahasan
a. Pengertian,
tujuan dan fungsi Kepemimpinan, Manajemen dan Organisasi
b. Karakteristik
dan tipe-tipe Kepemimpinan
c. Dasar-dasar
dan model Manajemen
d. Bentuk-bentuk
dan struktur organisasi
e. Metode
penentuan visi misi organisasi
· Kriteria
Pemateri
a. Mahasiswa
yang bergelut di organisasi yang lebihbesar (DPM, BEM, Himpunan Mahasiswa
Regional/Nasional)
b. Dosen
yang spesialis di bidang KMO
· Metode
a. Pemaparan
b. Tanya
jawab
c. Diskusi
d. Praktek
(bisa berbentuk permainan)
· Waktu: 150
menit
4.5.
Additional
Activity
(bolehdiadakan bila perlu)
Tujuan Pembelajaran
Umum dan esensi yang diharapkan dari additional activity ini adalah:
o Peserta mampu
mengobservasi langsung dinamika atau lapangan aktualisasi dari kompetensi keilmuannya
o Peserta mampu
menganalisa sinergisitas bidang keilmuannya dengan dunia nyata
·
Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
- Sesuaidengantema
yang diusung
·
Kriteria Pemateri
- Kondisional
tergantung institusi yang dikunjungi
·
Metode
a. Studi
banding ke HMJ sejenis/organisasi profesi sejenis
b. Studi lapang
ke dunia kerja
c. Kunjungan
profesi ke organisasi/perusahaan/lembaga se azas
d. Pemaparan,
Tanya jawab, Diskusi, Observasi)
·
Waktu: Kondisional
5.
PELAKSANAAN
· Motede
diserahkan kepada pelaksana (bebas) untuk mendorong kreatifitas mahasiswa
· Pelaksanaan
Diklat berorientasi terhadap kualitas pelaksanaan dan pencapaian tujuan
· Pelaksanaan
Diklat dipandu oleh minimal dua orang Master
of Training (MoT) dan (diatur
dalam KAK MoT)
· Pelaksanaan Diklat harus didampingi dosen pendamping
(secara inten) minimal satu orang
6.
TEMPAT
· Pada
dasarnya tempat harus produktif dan efisien
7.
TEMA
· Pada
dasarnya tema harus ada, manarik serta sesuai dengan kompetensi yang ditawarkan
program studi yang berientasi terhadap keprofesian
8.
EVALUASI
· Evaluasi
dilaksanakan oleh KPS dan
Perwakilan DPM, pada:
- Before
(Pradiklat)
- After
(PascaDiklat)
· Content Evaluasi diarahkan untuk mengukur:
- Kualitas
pelaksanaan
- Ketercapaian
tujuan
· Obyek
Evaluasi adalah:
- Peserta
Diklat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar