Sabtu, 09 Agustus 2014

LAPORAN KULIAH KERJA KOPETENSI



LAPORAN KULIAH KERJA KOPETENSI
KELURAHAN TUNJUNGSEKAR KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG


 





OLEH :

ABUSANI                                        -        MELIANA SOARES DA CRUZ
APRIANA C. BASSAY                             -         YULIUS SUMIANTO
MATHEOS LOEMNANU              -        FRANSISKUS XM SERAN
GOMER HAUTEAS

ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI
MALANG
2013
LEMBAR PENGESAHAN

Laporan                       : Kuliah Kerja Kopetensi
Lokasi                        : Kelurahan Tunjungsekar
Tanggal Kegiatan        : 19 Agustus 2013 s/d 19 September 2013


                                                             Mengetahui
                                                                                                    
   Lurah Tunjungsekar                                                                     Dosen Pendamping Lapangan


     Drs. Prayitno                                                                            Ignatius Adiwijaya, S.Sos.Msi

                       
                                                       Menyetujui
                                                Ketua Program Studi



                                 Willy Tri Hardianto, S.Sos., MM., MAP




KATA PENGANTAR

          Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada tim penulis sehingga dapat menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Kopetensi ini.
kami menyadari bahwa didalam pembuatan laporan ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini kami menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan laporan ini.
            Kami menyadari bahwa dalam proses penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, kami telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang kami miliki sehingga dapat diselesai dengan baik dan oleh karenanya, kami dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan laporan ini.
            Akhirnya kami berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.
 


Malang, 25 September 2013

           Kelompok Kel. Tunjungsekar



DAFTAR ISI

Lembar pengesahan ………………………………………………….…………………………..  i
Kata pengantar ………………………………………………..…………………………………. ii
Daftar isi ……………………………………………………………………………………….... ii
Bab 1
Pendahuluan …………………………………………………………………...………… 1
Latar belakang …………………………………………………………..……………….. 1
Tujuan ……………………………………………………………..………………….…. 1
Target sasaran ……………………………………………..………………………….…. 1
Jadwal kegiatan ……………………………………...…………………………………... 1
Bab II
            Deskripsi lokasi ……………………………………………………………..…………… 2
            Letak geografis ………………………………………………………..…………….…… 2
            Keadaan sosial ekonomi masyarakat …………………………..………………..………. 2
            Keadaan pegawai …………………………………………………………..………...….. 3
            keadaan sosial budaya masyarakat …………………………………………...….….…… 5
BAB III
Problema Yang Dihadapi Dan Program Kerja ………………………...………...………. 6
            Problema Yang Dihadapi Masyarakat / Pegawai ……………...………………………… 6

BAB IV
            Deskripsi kegiatan ……………………………………………………………………….. 7
            Jadwal kegiatan ………………………………………………………………………….. 7
            Laporan kegiatan ……………………………………………………………………….. 10
BAB V
Penutup ……………………………………………………………………………….... 11
Kesimpulan …………………………………………………………………………..… 11
Saran ………………………………………………………………………………..….. 11
Lampiran- lampiran ………………………………………………………………….… 12
Dokumentasi ……………………………….…………………………………………... 14


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    LATARBELAKANG
Kuliah kerja kopetensi merupakan program baru yang dikeluarkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik untuk menerapkan atau mengaplikasikan kopetensi sesuai dengan potensi yang telah dipelajari mahasiswa selama masa studi di perkuliahan. Kuliah kerja kopetensi merupakan wujud bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakan yang berupa pelayanan atau sesuai dengan keahlian/kopetensi yang telah di pelajari mahasiswa diperkuliahan.
1.2   TUJUAN
Dengan diadakannya kuliah kerja kopetensi diharapkan mahasiswa mampu menguasai atau menerapakan teori telah dipelajari selama masa kuliah diantaranya :
a.       Menguasai surat menyurat, Pengarsipan, dan Dokumentasi
b.      Pelayanan masyarakat

1.3   TARGET SASARAN
-          Memberikan sumbangan berupa pemikiran, dan tenaga.
-          Menerima pemberian baik berupa pengalaman, pengetahuan dan pemberian berupa materi.

1.4   JADWAL KEGIATAN
Masuk jam 08:00 istrahat secara bergantian
Pulang sesuai jadwal kelurahan, dan ada waktu lembur.





BAB II
DESKRIPSI LOKASI
2.1  LETAK GEOGRAFIS
Kelurahan tunjungsekar merupakan pintu gerbang kawasan sebelah barat kota Malang yang menghubungkan kota Malang dengan KelurahanTunggulwulung Kabupaten malang. Sebagai kawasan pembatasan antar kota Malang dan Kabupaten Malang, Kelurahan Tunjungsekar memiliki identitas dinobatkan sekagai kelurahan yang memiliki pelayanan terbaik Sejawa Timur dan dapat urutan nomor 4 tingkat nasional. Kelurahan Tunjungsekar juga dilengkapi sarana berupa lapangan bulutangkis.
Jarak pusat pemerintahan Kelurhan Tunjungsekar dengan Kecamatan Lowokwaru sejauh 3 km, sedangkan dengan pusat kota Malang sejauh 5 km dan jarak dengan pusat Propinsi Jawa Timur sejauh 90 km. Kelurahan Tunjungsekar mempunyai luas 1.907 km2 dengan batasan administrasi wilayah sebagai berikut:
            Sebelah utara               : Kelurahan Purwodadi
            Sebelah timur              : Kelurah Purwodadi
            Sebelah selatan            : Kelurahan Mojolangu
            Sebelah barat               : Desa Tunggulwulung
Kondisi geografis dasar Kelurahan Tunjungsekar sebagian besar hampir sama dengan kondisi geografis dasar kota Malang karena Kelurahan Tunjungsekar terletak di kota Malang.
2.2 KEADAAN  SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT
Pekerjaan/mata pencahrian masyarakat Kelurahan Tunjungsekar sebagai berikut :
a.       Karyawan
1.   Pegawai Negri Sipil                                        : 435                orang
2.   ABRI                                                              : 56                  orang
3.   Swasta                                                             : 3.576             orang
b.      Wiraswasta/Pedagang                                         : 1.595             orang
c.       Tani                                                                      : 114                orang
d.      Pertukangan                                                         : 289                orang
e.       Buruh Tani                                                           : 27                  orang
f.       Pensiunan                                                                        : 304                orang
g.      Nelayan                                                               : 2                   orang
h.      Pemulung                                                             : -                     orang
i.        Jasa                                                                      : 35                  orang

2.3 KEADAAN PEGAWAI
Jumlah aparat Kantor Kelurahan Tunjungsekar
a.       Golongan I            : - orang
b.      Golongan II          : 4 orang
c.       Golongan III         : 7 orang
d.      Golongan IV         : - orang
DATA PERSONIL
1.      Lurah
a.       Nama                           : Drs. Prayitno
b.      Pangkat/golongan       : Penata Tk I (III/d)
c.      NIP                             : 19671210 198809 1001
d.      Pendidikan                  : S1
e.       Jenis kelamin               : Laki-laki
f.       TMT masa jabatan       : 31 Desember 2008
g.      Riwayat jabatab          :     1) Seklur Blimbing
2)      Seklur Sumbersari
3)      Kasi Pemerintahan Kec. Klojen
4)      Lurah Gadangkasri
5)      Lurah tunjungsekar

2.      Sekretaris Lurah
a.       Nama                           : Sugeng Wyono
b.      Pangkat/golongan       : Penata (III/c)
c.      NIP                             : 19601205 198302 1 011
d.      Pendidikan                  : SMA
e.       Jenis kelamin               : Laki-laki
f.       TMT masa jabatan       : 11 Maret 2011
g.      Riwayat jabatab          :     1) Kasubag TU Terminal Gadang
                                          2) Sekretaris Lurah Tunjungsekar

3.      Kasi Pemerintahan dan Trantib
a.       Nama                           : Lucas Paais,S.Sos.MM
b.      Pangkat/golongan       : Penata Tk I (III/d)
c.      NIP                             : 19670429 199302 1 008
d.      Pendidikan                  : S 2
e.       Jenis kelamin               : Laki-laki
f.       TMT masa jabatan       : 03 Mei 2013
g.       Riwayat jabatab         : 1) Kasi pemerintahan dan Trantib kel. Balearjosari


4.      kasi pemberdayaan masyarakat
a.       Nama                           : Djoko Priyono
b.      Pangkat/golongan       : Penata Muda Tk I (III/b)
c.      NIP                             : 19640629 198503 1 001
d.      Pendidikan                  : SMA
e.       Jenis kelamin               : Laki-laki
f.       TMT masa jabatan       : 29 Mei 2012
g.      Riwayat jabatab          : 1) Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan
                                          Tunjungsekar
5.      Kasi Kesejahteraan Masyarakat
a.       Nama                           : Mas’udah
b.      Pangkat/golongan       : Penata Muda Tk I (III/b)
c.      NIP                             : 19610402 1968602 2 002
d.      Pendidikan                  : SMA
e.       Jenis kelamin               : Laki-laki
f.       TMT masa jabatan       : 31 Desember 2008
g.      Riwayat Jabatan          : 1) Kasi Pemerintahan dan Trantib
                                           Kelurahan Tunjungsekar
                                            2) kasi kesejahteraan Masyarakat Kelurahan
                                                Tunjungsekar
6.      Kasi Pelayanan Umum
a.       Nama                           : Tri Siwi Sutarti
b.      Pangkat/golongan       : Penata Muda Tk I (III/b)
c.      NIP                             : 19640307 1986603 2 001
d.      Pendidikan                  : SMA
e.       Jenis kelamin               : Laki-laki
f.       TMT masa jabatan       : 31 Mei 2013
g.      Riwayat Jabatan          : 1) Kasi Pelayanan Umum Kelurahan Tunjungsekar

2.4 KEADAAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT 
            Masyarakat kelurahan tunjungsekar memiliki budaya yang sangat baik, yaitu dimana para warga sangat sopan dan menjunjung tinggi peraturan baik peraturan dari pemerintah maupun peraturan berdasarkan kesepakatan bersama. warga kelurahan tunjungsekar memiliki budaya antri yang baik, dan sabar, sehingga gampang diberi pengarahan dan pelayanan.













BAB III
PROBLEMA YANG DIHADAPI DAN PROGRAM KERJA

3.1  Problema Yang Dihadapi Masyarakat / Pegawai (Obyek )
            Permasalahan yang sering dihadapi masyarakat adalah para pegawai yang sering tidak teliti dalam membuat surat, sehingga dalam pembuatan surat sering terjadi kesalahan yang pada akhirnya sesuatu yang seharusnya dikerjakan satu kali menjadi dua kali kerja.
Sebagai seorang pegawai yang telah mempunyai pengalaman kerja dalam bidang administrasi selama bertahun-tahun tidak dapat menjamin bahwa mereka mampu menguasai pekerjaan mereka secara baik, hal itu terbukti dimana para pegawai kantor sering kali kebinggungan melayani masyarakat khususnya dalam hal pembuatan surat menyurat. Semua itu terbukti dimana para pegawai tidak satupun yang bisa membuat kop surat mengunakan Header, sehingga sering kali mereka harus kerja dua kali dalam ngeprint surat yaitu dimana yang pertama diprint adalah isi suratnya dan kemudian surat tersebut dimasukan ke printer lagi untuk ngeprint kop suratnya. Dan yang sering terjadi juga adalah para pegawai tidak tahu cara mengukur size surat dan mengunakan Portrait atau Landscape  khususnya pada lembar kertas kerja Microsoft Office Excel sehingga yang sering terjadi yaitu dimana pada saat kertas kerja tersebut diprint hasilnya tidak sesuai dengan yang ada pada layar komputer, misalnya tabel yang diprint terpotong, atau misalnya tabel yang seharusnya cukup mengunakan satu lembar kemudian diprint menjadi dua lembar sehingga sulit dibaca.







BAB IV
DESKRIPSI KEGIATAN

4.1  JADWAL KEGIATAN
-          Senin 19 Agustus 2013 perkenalan dengan pegawai kelurahan.
-          Senin 19 Agustus 2013 menghitung dan membagi surat pemberitahuan waktu dan tempat pemungutan surat suara.
-          Selasa 20 Agustus 2013 membuat 3 buah SKCK
-          Selasa 20 Agustus 2013 stempel surat salinan daftar pemilihan tetapuntuk TPS
-          Selasa 20 Agustus 2013 melayani masyarakat mengurus surat
-          Selasa 20 Agustus 2013 memasang pengemumuman cara mencoblos yang benar
-          Selasa 20 Agustus 2013 pasang baliho pemilu
-          Rabu 21 Agustus 2013 memperbaiki 4 buah koputer
-          Rabu 21 Agustus 2013 menyusun daftar nama warga miskin
-          Rabu 21 Agustus 2013 membersihkan ruangkan
-          Rabu 21 Agustus 2013 memisahkan KK sesuai nomor urutan
-          Kamis 22 Agustus 2013 membuat daftar jadwal sekolah
-          Kamis 22 Agustus 2013 memisahkan data keluagra miskin yang belum memdapatkan pelayanan
-          Kamis 22 Agustus 2013 membuat surat pindah
-          Kamis 22 Agustus 2013 membuat SKCK
-          Jumaat 23 Agustus 2013 mengetik daftar LINMAS dan PPS
-          Jumaat 23 Agustus 2013 memperbaiki laptop kelurahan
-          Jumaat 23 Agustus 2013 ikut rapat PPS dan LINMA jam 19:00
-          Jumaat 23 Agustus 2013 membuat daftar masyarakat yang sudah mendapatkan e-KTP
-          Jumaat 23 Agustus 2013 membuat 2 SKCK
-          Jumaat 23 Agustus 2013 membersihkan ruangan untuk sosialisasi PILGUB
-          Jumaat 23 Agustus 2013 mengkoreksi data warga yang mendapatkan Raskin
-          Jumaat 23 Agustus 2013 membuat surat pindah
-          Senin 26 Agustus 2013 membuat SK Linmas
-          Senin 26 Agustus 2013 memasang edikat KPPS, PPS, Linmas, dan saksi Pilgub
-          Senin 26 Agustus 2013 Membuat surat pndah
-          Senin 26 Agustus 2013 membuat SKCK
-          Senin 26 Agustus 2013 membuat surat ijin usaha
-          Selasa 27 Agustus 2013 membuat laporan sengketa tembok antara warga dengan pengembang
-          Selasa 27 Agustus 2013 membut surat pindah ahli waris
-          Selasa 27 Agustus 2013 pot copy surat SK Linmas
-          Selasa 27 Agustus 2013 stempel surat
-          Selasa 27 Agustus 2013 membuat surat SKCK
-          Rabu 28 Agustus 2013 membuat surat pemberitahuan adanya korban DBD, tujuan dinas kesehatan kota Malang
-           Rabu 28 Agustus 2013 buat surat izin usaha
-          Rabu 28 Agustus 2013 antar surat ke Kecamatan
-          Rabu 28 Agustus 2013 membuat SKCK
-          Rabu 28 Agustus 2013 membuat SKTM
-          Kamis 29 Agustus 2013 membuat surat pindah nikah
-          Jumaat 30 Agustus 2013 membuat surat undangan
-          Jumaat 30 Agustus 2013 membuat SKCK
-          Senin 2 September 2013 membungkus kado
-          Senin 2 September 2013 membuat surak keterangan pemilik usaha
-          Senin 2 September 2013 membuat surat izin usaha
-          Senin 2 September 2013 membuat 2 surat pindah nikah
-          Senin 2 September 2013 membuat 2 buah SKCK
-          Senin 2 September 2013 membuat pemberitahuan penerimaan BLSM tahap 2 untuk ketua RW 1-8
-          Selasa 3 September 2013 mencatat nama-nama penerimaan BLSM dan membagi no antrian.
-          Selasa 3 September 2013 membuat surat keputusan pembentukan lembaga posyandu
-          Selasa 3 September 2013 membuat susunan pengurus PKK
-          Selasa 3 September 2013 menjaga pintu masuk penerimaan BLSM
-          Rabu 4 September 2013 membuat SKCK
-          Rabu 4 September 2013 membuat data penduduk yang sudah meninggal
-          Rabu 4 September 2013 membuat data pengangguran
-          Rabu 4 September 2013 membuat surat pindah tempat
-          Rabu 4 September 2013 membuat SKTM
-          Rabu 4 September 2013 membuat keterangan masih sekolah
-          Kamis 5 September 2013 membuat surat kepemilikan tanah
-          Kamis 5 September 2013 membuat data pengangguran tahun 2009 dan 2013
-          Kamis 5 September 2013 membuat SKTM
-          Kamis 5 September 2013membuat SKCK
-          Kamis 5 September 2013 membuat surat pindah tempat
-          Kamis 5 September 2013  membuat dokumen pengadaan barang/jasa pemberdayaan masyarakat
-          Jumaat 6 September 2013 membuta laporan dana hibah
-          Jumaat 6 September 2013 membuat surat keterangan hadir
-          Jumaat 6 September 2013 membuat register izin usaha
-          Jumaat 6 September 2013 membuat pengadaan rencanaan anggaran
-          Jumaat 6 September 2013 membuat surat keterangan tempat usaha
-          Jumaat 6 September 2013 surat keterangan pindah nikah
-          Senin 9 September 2013 membuat dokumen pelaksanaan perubahan anggaraan SKPD
-          Senin 9 September 2013 membuat susunan nama pengurus posyandu
-          Senin 9 September 2013 membuat berita acara penerimaan barang
-          Senin 9 September 2013 membuat surat izin keramaian
-          Senin 9 September 2013 membuat surat domisili
-          Senin 9 September 2013 membuat SKCK
-          Senin 9 September 2013 membuat SKTM
-          Senin 9 September 2013 membuat surat domisili usaha
-          Senin 9 September 2013 membuat surat keterangan lanjut sekolah
-          Selasa 10 September 2013 membuat surat keterangan belum nikah
-          Selasa 10 September 2013 membuat surat pindah tempat
-          Selasa 10 September 2013 membuat lanjutan dokumen pelaksanaan perubahan anggaran SKPD
-          Selasa 10 September 2013 membuat surat keterangan usaha
-          Selasa 10 September 2013 membuat surat kuasa
-          Selasa 10 September 2013 membuat surat permohonan pinjaman
-          Selasa 10 September 2013 membuat SKCK
-          Rabu 11 September 2013 membuat surat pindah tempat
-          Rabu 11 September 2013 membuat 4 buah SKTM
-          Rabu 11 September 2013 membuat daftar nama dan tempat ibdah
-          Rabu 11 September 2013 membuat tanda terima surat
-          Rabu 11 September 2013 membuat surat keterangan biaya sekolah
-          Rabu 11 September 2013 membuat rencana kerja dan anggaran SKPD
-          Kamis 12 September 2013 membuat SKTM
-          Kamis 12 September 2013 membuat surat SKCK
-          Kamis 12 September 2013 membuat surat pindah
-          Kamis 12 September 2013 membuat undangan bagi yang belum medapatkan e-KTP
-          Kamis 12 September 2013 membuat undangan pemberitahuan lomba kebersihan
-          Kamis 12 September 2013 membuat 2 buah surat keterangan usaha
-          Kamis 12 September 2013 membuat surat izin usaha
-          Kamis 12 September 2013 membuat 2 buah surat keterangan pindah
-          Kamis 12 September 2013 membuat SKCK
-          Kamis 12 September 2013 membuat SKTM
-          Jumaat 13 September 2013 membuat daftar nama anak yatim piatu
-          Jumaat 13 September 2013 membuat SKCK
-          Jumaat 13 September 2013 membuat surat undangan untuk RT/RW
-          Jumaat 13 September 2013 membuat surat keterangan usaha
-          Jumaat 13 September 2013 membuat surat izin usaha
-          Senin 16 September 2013 membuat tanda terima e-KTP
-          Senin 16 September 2013 membuat daftar penerimaan raskin
-          Senin 16 September 2013 membuat surat izin usaha
-          Senin 16 September 2013 membuat surat pindah
-          Senin 16 September 2013 membuat SKCK
-          Senin 16 September 2013 membuat daftar nama RT/RW
-          Selasa 17 September 2013 membuat perbaikan SKCK
-          Selasa 17 September 2013 membuat surat keterangan usaha
-          Selasa 17 September 2013 membuat surat keterangan pindah
-          Rabu 18 September 2013 membuat surat keterangan kelahiran
-          Rabu 18 September 2013 membuat laporan pengadaan barang periode Juli dan September Bik A s/d Kib F
-          Kamis 19 September 2013 membuat memperbaiki laporan pengadaan barang periode Juli dan September Bik A s/d Kib F dan dimasukan ke kaset CD.

4.3 LAPORAN KEGIATAN
Dari sekian banyak pekerjaan yang telah kami kerjakan di kantor Kelurahan Tunjungsekar telah kami selesaikan dengan baik, sebagai manusia biasa kami menyadari kami tidak luput dari kesalah dalam melaksanakan pekerjaan, maka dari itu dapat kami simpulkan kinerja kami di Kelurahan Tunjungsekar kami laksanakan dengan baik. Namun demikian apa yang telah kami kerjakan tidak luput dari bimbingan para pegawai kelurah sehinga sehingga kami dapat melaksanakan pekerjaan kami dengan baik, maka dari itu kami mengucapkan terimakasih kepada para pegawai kelurahan yang telah bersedia memberikan bimbingan kepada kami.















BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Setelah melaksanakan Kuliah Kerja Kopetensi selama tiga puluh hari di Kelurahan Tunjungsekar, kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada para Dosen yang telah membuat program tersebut, dan kami juga berterimakasih banyak kepada para perangkat Kelurahan Tunjungsekar yang telah bersedia memberikan bimbingan serta arahan kepada kami sehingga kami bisa mendapatkan sedikit banyak pengetahuan dan pengalaman mengenai cara kerja sebagai seorang pegawai khususnya bagian kantor atau administrasi.
Kuliah Kerja Kopetensi ini merupakan program kerja yang sanggat bagus dan harus dipertahankan dan diteruskan, karena berdasarkan pengalaman kami, pada hari pertama masuk Kuliha Kerja Kopetensi kami sangat binggung harus kerja apa dan apa yang harus kami lakukan. Dengan adanya Kuliah Kerja Kopetensi ini diharapkan mampu mengatasi hal semacam itu disaat masuk dunia kerja nanti, sehingga tidak menjadi pertanyaan dan diragukan mengenai kemampuan kita.

5.2 Saran
Setelah selesainya Kuliha Kerja Kopetensi kami mengharpkan apa yang telah kami lakukan dan kami kerejakan di kantor Kelurahan Tunjungsekar merupakan sesuatu yang dapata diterima oleh Kelurahan Tunjungsekar.
·         Kami memberi saran karena pelayanan Kelurahan Tunjungsekar diberikan penghargaan sebagai Kelurahan terbaik Sejawa Timur dan nomor 4 terbaik tingkat nasional dapat dipertahankan dan ditingkatkan supaya menjadi cerminan bagi Kelurahan lainnya.
·         Karena meliah kurangnya pengetahuan mengenai cara pengunaan komputer khususnya dalam hal pembuatan surat, diharapkan diadakannya pelatiahan supaya tidak terjadi kebingungan dan ketidaktahuan disaat melakukan pekerjaan dan pelayanan kepada masyarakat.






5.3 LAMPIRAN- LAMPIRAN            
-          Boidata anggota
1.      Nama                                : Abusani
Nim                                   : 2010210002
Tempat tgl. Lahir              : Sumenep, 3 Juli 1991
Alamat                              : Jl. Telaga Wanra Tlogomas
Program Studi                   : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas                            : Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Kelompok                         : Kuliah Kerja Kopetensi
Lokasi                               : Kelurahan Tunjungsekar

2.      Nama                                : Apriana C. Bassay
Nim                                   : 2010210009
Tempat tgl. Lahir              : Galela, 16 April 1993
Alamat                              : Tlogo Suryo
Program Studi                   : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas                            : Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Kelompok                         : Kuliah Kerja Kopetensi
Lokasi                               : Kelurahan Tunjungsekar


3.      Nama                                : Matheos Loemnanu
Nim                                   : 2010210028
Tempat tgl. Lahir              : Kupang, 8 Januari 1989
Alamat                              : Tlogomas Gang 6
Program Studi                   : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas                            : Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Kelompok                         : kuliah kerja kopetensi
Lokasi                               : Kelurahan Tunjungsekar


4.      Nama                                : Meliana Soares Da Cruz
Nim                                   : 2010210030
Tempat tgl. Lahir              : Timur Leste, 21 Mei 1988
Alamat                              : Jl. Tlogomas Gang 6 No. 1
Program Studi                   : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas                            : Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Kelompok                         : Kuliah Kerja Kopetensi
Lokasi                               : Kelurahan Tunjungsekar




5.      Nama                                : Yulius Sumianto
Nim                                   : 2010210057
Tempat tgl. Lahir              : Semombat, 26 September 1991
Alamat                              : Jl. Tegala Warna No. 99 A
Program Studi                   : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas                            : Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Kelompok                         : Kuliah Kerja Kopetensi
Lokasi                               : Kelurahan Tunjungsekar


6.      Nama                                : Fransiskus Xm Seran
Nim                                   : 2009210013
Tempat tgl. Lahir              :
Alamat                              :
Program Studi                   : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas                            : Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Kelompok                         : Kuliah Kerja Kopetensi
Lokasi                               : Kelurahan Tunjungsekar


7.      Nama                                : Gomer Hauteas
Nim                                   : 2009210014
Tempat tgl. Lahir              :
Alamat                              :
Program Studi                   : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas                            : Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Kelompok lokasi               : Kuliah Kerja Kopetensi
Lokasi                               : Kelurahan Tunjungsekar















Dokumentasi Kegiatan



 































 








































 

































 











1 komentar: